Harga Lovebird Lutino Mata Merah dan Perawatannya

Harga Lovebird Lutino Mata Merah dan Perawatannya, Susahkah ?. Daftar harga lovebird lutino mata merah dan cara merawatnya, Lovebird salah satu burung yang paling diminati oleh para pencinta burung di Indonesia. Untuk sebagian orang awam, mungkin mereka hanya menyamakan burung lovebird lutino mata merah ini sama dengan burung lovebird lainnya, namun dimata para profesional pencinta burung, mereka dapat dengan mudah mengenali perbedaannya, apa saja? Mari kita simak dalam penjelasan berikut ini.
Harga Lovebird Lutino Mata Merah dan Perawatannya

Keunggulan dari Lovebird Lutino Mata Merah

Lovebird lutino mata merah memiliki keunggulan yang mencolok dari burung lovebird lainnya jika kita lihat dari warna matanya dan tubuhnya, yaitu :

1. Warna Mata

Warna merah pada matanya membuat penglihatan burung lebih tajam dari pada burung dengan warna mata hitam. Mata merah pada burung ini juga menjadikan salah satu spesies burung yang memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan burung lovebird lutino lainnya.

2. Bentuk dan Wana Tubuh

Bentuk tubuh yang mungil yaitu dengan tinggi sekitar 14-17 centimeter dan berat sekitar 40-60 gram. Warna tubuhnya juga hanya terdiri dari dua warna yakni warna kuning terang yang mendominasi sebagian tubuhnya dan warna merah keoren-orenan yang terdapat pada bagian kepalanya.

3. Bentuk Paruh dan Ekor

Burung jenis ini memiliki paruh besar yang kokoh dan tajam, namun ekor burung lovebird lutino mata merah ini termasuk pendek dan tumpul.

4. Bentuk Kaki

Burung ini memiliki kulit kaki yang pucat, warna kuku dan kakinya pun berwarna putih.

Cara Pembudidayaannya

Banyaknya pecinta burung yang menaruh minat pada keberadaan jenis burung lovebird lutino mata merah membuat beberapa orang mulai mencari daftar harga lutino mata merah dan cara merawatnya. Terdapat beberapa cara membudidayakan burung lovebird lutino mata merah, seperti :

1. Mengawinkan sesama jenis burung lovebird lutino mata merah, cara ini banyak yang mencoba dengan harapan dapat menghasilkan anakan burung lovebird lutino bermata merah namun kenyataannya lebih dari 80% para peternak burung gagal dalam prosesnya.

2. Mengawinkan dengan jenis burung lovebird lainnya seperti lovebird josan.

Harga Lovebird Lutino Mata Merah Dipasaran (jantan, betina, anak,dewasa)

Burung ini memiliki kisaran harga yang cukup mencengangkan di pasaran yaitu fluktuatif, terkadang turun terkadang naik hingga melonjak ke angka yang tidak terduga. Harga yang tertera pada burung lovebird lutino mata merah ini tidaklah sama semuanya, tergantung dari jenis kelamin, umur, kualitasnya seperti warna bulu, kelembutan bulu, kemerduan suara kicauannya, bentuk paruhnya, dan sehat-tidaknya burung tersebut, berikut daftar harga lovebird lutino mata merah dan cara merawatnya, yaitu :

1. Lovebird Anakan

· Betina         : Rp 500.000

· Jantan        : Rp 450.000

· Umur 6-8 bulan : Rp 850.000

2. Lovebird Dewasa

· Betina         : Rp 900.000

· Jantan        : Rp 800.000

Untuk lovebird lutino mata merah dewasa yang memiliki kualitas yang istimewa dapat mencapai harga berkisar Rp 1.500.000 – Rp 2.000.000 –an. Harganya dapat naik-turun tergantung kualitas dan penjualnya.

Cara Perawatan yang Benar

Lonjakan permintaan membuat burung ini menjadi primadona bagaimana dengan daftar harga lovebird lutino mata merah dan cara merawatnya? Lovebird lutino mata merah, termasuk ke dalam jenis burung yang harus dirawat secara rutin dan berkala agar keistimewaan dari burung tersebut dapat terjaga dengan baik. Beberapa hal yang perlu diperhatikan :

1. Pemberian Pakan
Pemberian pakan pada burung ini harus dilakukan secara teratur, jenis-jenis makanan yang diberikan seperti:

· Biji-bijian

Biji kenari, biji padi, ketan hitam, dan campuran millet putih serta merah.

· Sayur dan Buah

Sayur-sayuran segar, yakni sawi putih ataupun hijau, kankung, biji jagung, wortel, kankung.

Buah-buahan segar, yakni pir, anggur, apel, pisang.

· Serangga Kecil

Makanan tambahan yang juga diperlukan seperti pemberian serangga kecil yaitu jangkrik kecil dan serangga kecil lainnya yang tidak berbahaya.

· Extra Fooding

Berupa biji-bijian yang mengandung protein tinggi seperti biji bunga matahari, biji kacang merah dan biji kedelai.

Untuk pemberian minuman pada burung lovebird yaitu dengan memberikan air bersih pada wadah minumnya dan mengganti air minum dengan air bersih setiap harinya.

2. Kebersihan Tubuh Burung Lovebird

Secara rutin memandikan burung tersebut dan menjemurnya di luar kandang. Di pagi hari, burung dapat dijemur dengan kurun waktu 30 menit, lalu dimandikan dengan menggunakan spray khusus. Setelah dimandikan lalu dijemur kembali untuk mengeringkan bulu-bulunya. Di sore hari juga di semprotkan spray lagi namun secara ringan selama 30 menit.

3. Kebersihan Kandang

Kandang burung dibersihkan secara teratur yaitu setiap hari, disaat burung dijemur diluar kandang, pada saat itu kita dapat membersihkan kandangnya. Bersihkan kotoran yang ada pada kandang, ganti air minumnya dengan air bersih, dan semprotkan vaksin pada kandang burung tersebut serta lakukan pengecekan kelayakan pada kandang apakah masih kokoh atau ada kerusakan.

4. Masa Kawin

Pada masa kawin, biasanya burung jantan maupun betina akan mengalami birahi. Nah, pada masa itu beberapa ada yang memanfaatkannya dengan mengawinkan burung betina dan jantan, namun ada juga yang tidak. Pada masa birahi biasanya burung akan lebih sensitif terhadap suara burung-burung lainnya, ada keinginan untuk membuahi. Maka dari itu bagi pemilik yang belum menginginkan burung tersebut kawin maka terdapat beberapa cara untuk membuat kondisi burung tersebut tetap terjaga, yaitu: melakukan pengembunan di pagi-pagi buta; Memandikannya dengan intensitas dalam 1 hari dilakukan 3 kali yaitu pagi-siang-sore; Menjemur burung dilakukan kurun waktu 30 menit dalam sehari; dan yang paling penting adalah dijauhkan dari burung-burung lainnya.

5. Tingkat Stres

Kebanyakan jenis burung lovebird lutino ini termasuk dalam jenis burung yang mudah stres, akibatnya dapat berefek pada nafsu makannya. Maka dari itu kita harus selalu menjaga kondisinya, baik itu kondisi lingkungan maupun kondisi dari burung tersebut, yakni harus menjaga agar kondisi lingkungan tetap stabil dan nyaman bagi si burung.

6. Pengecekan Kesehatan

Harus secara rutin melakukan pengecekan pada kondisi burung, selalu kita pantau kondisinya baik secara mental maupun fisiknya. Secara teratur memberikan asupan vitamin ataupun suplemen yang dapat dicampurkan pada makanannya maupun minumannya. Salah satu vitamin yang dapat diberikan yaitu “Supervit”, suplemen yang mengandung vitamin yang bagus untuk burung khususnya burung yang sering berkicau merdu.

Burung lovebird lutino mata merah menjadi burung primadona di kalangan pencinta burung, bentuk burung serta warnanya yang indah dan suara kicauannya yang merdu menjadi faktor penyebabnya. Daftar harga lovebird lutino mata merah dan cara merawatnya yang telah dijelaskan di atas semoga dapat menjawab ketertarikannya terhadap burung indah yang satu ini.

0 Response to "Harga Lovebird Lutino Mata Merah dan Perawatannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel